Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

KEDAULATAN DAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013
Oleh : Marzuki Alie Center
INOVASI KREATIF MASYARAKAT INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
Komitmen Antikorupsi Parlemen ASEAN
Oleh : Oleh Dr. H. Marzuki Alie
Kemandirian Inovasi dan Iptek bagi Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Oleh : Oleh Dr. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

BERITA

Demokrat Umumkan 17 Nama Anggota Konvensi

2013-08-13 09:36:07
Images
Partai Demokrat mengumumkan 17 nama komite konvensi yang akan menyelenggarakan konvensi calon presiden Partai Demokrat. Nama-nama tersebut diumumkan oleh Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik, di Jakarta, Minggu [11/08] malam, didampingi oleh Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan, Ketua Dewan Pembina EE Mangindaan, Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin dan Ketua Satgas Penjaringan Caleg Partai Demokrat Suaedi Marasabessy.

Tujuh belas nama tersebut ditetapkan melalui Keputusan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat nomer 19/2013 tentang pembentukan komite konvensi calon presiden Partai Demokrat. Komite konvensi terdiri dari 10 nama dari independen dan tujuh dari kader partai demokrat.

Komite konvensi diketuai oleh mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni, wakil ketua dijabat mantan Ketua KPK Taufikurrahman Ruki. Sementara Suaidi Marasabessy menjadi sekretaris komite konvensi serta Andi Timo Pangerang sebagai bendahara komite konvensi.

Sedangkan anggota lainnya Soegeng Sarjadi, Margiono, TP Rachmat, Effendy Gazali, Christianto Wibisono, Indrawaty Sukadis, Didi Irawadi Syamsuddin, Hinca Panjaitan, Wisnu Wardhana, Putu Suasta, Humprey R Djemat, Charis Rully dan Vera Febyanthy.

Menurut Jero, dipilihnya Maftuh Basyuni sebagai ketua komite karena dinilai kredibel dan netral. “Maftuh Basyuni, bekas menteri agama dianggap netral, negarawan, kredibel, bijak, kita harapkan beliau bisa menjalankan komite degan baik dengan jujur,” katanya. Ia menambahkan, struktur organisasi komite konvensi yang lebih teknis dan rinci dibuat oleh ketua komite, dengan mempertimbangkan saran anggota. Sementara komite konvensi wajib berpegang teguh pada Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat dan tata tertib yang dibentuk majelis tinggi partai.

Jero menegaskan bahwa komite konvensi yang akan dilaksanakan oleh Partai demokrat tidakah main-main dan serius. “Saya juga diminta menjelaskan konvensi Partai Demokrat ini serius,” katanya.

Menteri Ikut Konvensi Diminta Mundur
Sekretaris Komite Konvensi Suaidi Marasabessy mengatakan menteri yang turut serta konvensi calon presiden Partai Demokrat akan diminta mundur dari jabatannya bila dinilai meganggu kinerjanya. “Ya dilihat kalau tergannggu kinerjanya. Kita lihat tidak tertutup kemungkinan kita minta mundur. Tapi kita lihat pak Syarif dan Jero sebagai menteri tidak terganggu meski aktif di partai,” katanya seusai konferensi pers di Jakarta, Minggu malam.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik mengatakan sampai saat ini telah ada 11 nama yang diundang untuk mengikuti konvensi calon presiden Partai Demokrat. “Kami menghubungi satu-satu, kode etik ga boleh sebut dulu, 11 sudah, beliau-beliau menyatakan serius untuk ikut, nanti komitenya akan menhubungi lebih detail, nanti pembicaraan lebih lanjut,” katanya di Jakarta, Minggu malam, seusai konferensi pers.

Menurut dia, sejumlah tokoh yang diundang tersebut dari berbagai kalangan termasuk menteri dan partai politik di luar Demokrat. Namun demikian ia belum bisa membeberkan nama-nama tersebut untuk mematuhi kode etik.

Ia menambahkan, sampai sejauh ini tidak ada kuota berapa jumlah kandidat yang akan ikut serta dalam konvensi kali ini. “Tidak ada angka maksimal tapi kita tidak membayangkan banyak-banyak, nanti pusing rakyat milih, karena tidak ada gugur, ya sekitar sepuluh, sebelas,” katanya. Ia menambahkan, dalam konvensi ini tidak ada penyisihan, kecuali mengundurkan diri. Capres terpilih akan ditentukan melalui dua kali survei dari tiga lembaga survei independen.

Sembilan Aturan Penyelenggaraan
Ada sembilan butir aturan pelaksanaan konvensi yang diselenggarakan Partai Demokrat. Pertama, Konvensi Capres Demokrat adalah konvensi yang diadakan untuk memilih dan menetapkan capres Indonesia dari Partai Demokrat periode 2014-2019 yang diusung dalam Pemilu 2014.

Kedua, Konvensi dilakukan semi terbuka. Peserta bisa dari nonkader. Konvensi dilakukan transparan. Melibatkan rakyat. Tidak ada penyisihan di tengah jalan kecuali kandidat bersangkutan mengundurkan diri.

Ketiga, dibentuk komite konvensi yang bertugas menyelenggarakan semua seleksi konvensi. Pimpinan dan keanggotan komite konvensi merupakan paduan dari tokoh Partai Demokrat dan tokoh independen. Komite berrtanggung jawab kepada Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Keempat, peserta konvensi terdiri dari kader Partai Demokrat dan nonkader Partai Demokrat yang memenuhi syarat yang telah ditentukan komite konvensi. Komite konvensi melakukan penjaringan terhadap mereka yang dianggap tepat (eligible) menjadi kandidat. Kandidat harus menandatangani dan menjalankan kode etik konvensi. Komite konvensi akan berikan sanksi kepada kandidat yang melanggar kode etik yang ditandatangani.

Kelima, kegiatan dan proses konvensi berupa pengenalan kandidat kepada masyarakat oleh komite konvensi dan wawancara media yang diatur komite konvensi serta debat antarkandidat yang diselenggarakan oleh komite konvensi ditanggung komite konvensi. Kandidat bisa melaksanakan kegiatan yang lain di luar kegiatan resmi yang ditentukan komite konvensi sesuai dengan aturan konvensi.

Keenam, proses seleksi dan Konvensi berlangsung delapan bulan mulai September 2013 hinggaApril 2014. Dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksankan September-Desember 2013 dengan melaksanakan semua kegiatan minus debat kandidat. Tahap kedua dilaksanakan Januari-april 2014 dengan menyelenggarakan semua kegiatan konvensi termasuk debat kandidat. komite kovensi menentukan nama peserta konvensi yang pada akhir Agustus.

Ketujuh, peserta konvensi tidak dipungut biaya dalam semua kegiatan yang dilaksanakan komite konvensi. Biaya ditanggung komite konvensi. Biaya konvensi harus berasal dari sumber-sumber yang sah dan halal. Biaya untuk kegiatan kandidat di luar yang diselenggarakan komite konvensi disediakan kandidat sendiri dan diwajibkan berasal dari sumber-sumber yang sah dan halal.

Kedelapan, pemenang konvensi diumumkan selambatnya pada Mei 2014. Penentuan pemenang konvensi berdasarkan hasil survei bukan dari kader Demokrat belaka misalnya melalui voting pengurus, DPD, DP, DPC Demokrat. Survei dilakukan setidaknya 2 kali oleh 3 lembaga survei independen dan kredibel. Hasil Survei akan diumumkan ke publik secara transparan oleh komite konvensi.

Kesembilan, aturan konvensi berlaku sejak diumumkan. "Keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat nomor 6 tahun 2013 ditandatangani Ketua Majelis Tinggi, Susidlo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Majelis Tinggi, Jero Wacik," ujar Jero.

beritasore dan republika



KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000