Update: Untuk mendapatkan berita-berita terupdate website marzukialie.com bisa men update melalui twitter kami @marzukialie dan untuk komunikasi langsung dengan Dr. H. Marzuki Alie bisa melalui twitter kami @marzukialie_MA
profile marzuki alie Demokrat

TULISAN

KEDAULATAN DAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013
Oleh : Marzuki Alie Center
INOVASI KREATIF MASYARAKAT INDONESIA
Oleh : Dr. H. Marzuki Alie
Komitmen Antikorupsi Parlemen ASEAN
Oleh : Oleh Dr. H. Marzuki Alie
Kemandirian Inovasi dan Iptek bagi Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Oleh : Oleh Dr. Marzuki Alie

PENCARIAN

ALBUM


DAPATKAN BUKU YANG SUDAH DITANDATANGANI OLEH MARZUKI ALIE untuk palestine Liga Pendidikan Indonesia

ANTAR PARLEMEN

KEGIATAN DPR-RI MINGGU KEDUA JUNI 2014

Images
Kegiatan DPR RI pada minggu kedua bulan Juni 2014 diisi dengan rapat kerja Komisi I dengan Menteri Luar Negeri. Dilaporkan pula tanggapan pemerintah atas pandangan fraksi-fraksi DPR RI mengenai kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal. Hasil sidang Standing Commitee on Economic and Sustainable Development Affairs-Asian Parliamentary Assembly (APA) juga dilaporkan secara garis besar.

Standing Commitee on Economic and Sustainable Development Affairs-APA
Kegiatan sidang standing commitee on Economic and Sustainable Development Affairs- APA yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 2-5 Juni 2014 merupakan tindak lanjut dari keputusan sidang pleno APA di Pakistan pada bulan 8-10 Desember 2013. Sidang yang dihadiri oleh 12 negara anggota APA, yaitu: Saudi Arabia, Pakistan, Indonesia, Srinlanka, Bahrain, Yordania, Republik Islam Iran, Kamboja, Turki, Malaysia, Siprus, dan Republik Rakyat Tiongkok dibuka oleh Wakil Ketua DPR RI bidang Korinbang Dr. Ir. H. Pramono Anung Wibowo, M.M.

Wakil Ketua DPR RI bidang Korinbang tersebut menyampaikan perlunya keterlibatan parlemen secara aktif dalam pengentasan kemiskinan melalui rencana dan langkah konkret yang bersifat akurat, efektif dan terukur, serta tidak memunculkan persoalan-persoalan baru, seperti dalam isu kerusakan lingkungan, polusi dan deforestasi. Melalui pertemuan APA tersebut, telah dihasilkan berbagai draft resolusi yang memberikan kekuatan baru dan pendekatan yang lebih efektif dalam upaya mengentaskan kemiskinan melalui pendekatan pembangunan berkelanjutan.

Sebagai parlemen anggota APA yang telah lama dikenal aktif dalam organisasi APA, DPR RI melanjutkan tradisi prestatifnya dengan mengusulkan empat draft resolusi untuk dibahas, yaitu draft resolusi integrated energy market in Asia, draft resolusi Alleviating Poverty in Asia, draft resolusi Environmental issues, Global Warming, Climate Change, and Planting Billions of Trees throughout Asia, dan draft resolusi International Financial Affairs fot the countries of APA Member Parliaments. Keempat draft resolusi mendapatkan sambutan yang baik dan pembahasan yang serius dari berbagai peserta pertemuan APA tersebut. Diantara dinamika diskusi yang berkembang adalah keinginan untuk membentuk badan yang menangani Asian Integrated Energy Market, atau alternatif lainnya penyelenggaraan konferensi yang khusus membahas Asian Integrated Energy Market. Di samping itu, diskusi juga membahas tentang kebutuhan regulasi terkait hal ini, dan kebutuhan infrastruktur yang menghubungkan konektivitas negara-negara di Asia.

Pembahasan keempat draft resolusi telah berlangsung sangat dinamis dan konstruktif. Draft resolusi mengenai Financial Affairs fot the Countries of APA Member Parliamentsmendapatkan banyak penguatan kepada kerjasama antar negara-negara APA untuk melakukan penguatan ekonomi nasional dan regional dari bahaya krisis ekonomi berikutnya, baik pada tingkat regional maupun global. Dalam draft resolusi Environmental Issues, Global Warming, Climate Change, and Planting Billions of Trees throughout Asia, fokus prioritas ditekankan agar masing-masing negara anggota APA dapat melaksanakan pendekatan pembangunan berkelanjutan dalam paradigma pembangunan nasionalnya, sehingga bisa menghindarkan diri dari perubahan iklim, pemanasan global, degradasi dan deforestasi hutan.

Dalam draft resolusi Alleviating Poverty in Asia, semua partisipan menyepakati tentang perlunya keterlibatan aktif parlemen untuk turut menuntaskan kemiskinan melalui pendekatan pembangunan berkelanjutan. Dalam draft resolusi Integrated Energy Market in Asia, ditekankan perlunya mekanisme bersama melalui ide Asian Integrated Energy Market, yang akan dapat mengurangi resiko ketiadaan pasokan energi dalam konteks distribusi, penggunaan maupun preservasinya. Pada bagian akhir penutupan, semua peserta sidang menyambut baik penetapan keempat draft resolusi tersebut untuk dibawa, dibahas dan ditetapkan di dalam sidang pleno ke-7 APA di Kamboja mendatang. 


KOMENTAR ANDA

Nama Tidak Boleh Kosong

Email Tidak Boleh Kosong

Komentar Tidak Boleh Kosong

Nama :
Email :
Komentar :
Total : 1000